Selasa, 25 September 2012

Kunyit dapat medeteksi ledakan dan mendeteksi boraks



Pernahkah anda mendengar  bahwa kunyit bisa menjadi bahan dasar untuk mendeteksi ledakan?  Mungkin diantara kalian memang sudah ada yang tahu bahwa kunyit bisa menjadi bahan dasar murah yang di gunakan untuk mendeteksi ledakan. Apakah kunyit bisa menjadi bahan dasar mendeteksi ledakan ? ya bisa,, karena zat utama yang terkandung dalam kunyit bisa menjadi bahan dasar untuk mendeteksi ledakan. Zat utama itu adalah Kurkumin, mungkin saat ini lebih di kenal dengan nama Alzheimer, yaitu zat yang mampu memiliki khasiat anti kanker dan oksidan.
Ternyata pada tumbuhan kunyit banyak sekali manfaat yang dapat kita gunakan. Seringkali kita hanya tahu bahwa kunyit adalah tumbuhan yang di gunakan untuk bumbu dapur dalam masak memasak. Tapi jangan salah kunyit juga dapat di gunakan sebagai obat. Bahkan kunyit juga dapat di gunakan sebagai alat pendeteksi ledakan. Ya, di dalam kunyit ada zat yang dapat di manfaatkan sebagai pendeteksi ledakan.
Dalam konfrensi yang berlangsung di amerika di katakan bahwa zat yang terdapat dalam kunyit itu bisa menggantikan cara yang lebih kompleks dalam mendeteksi peledak seperti TNT. Ada sejumlah Tim peneliti menggunakan reaksi kimia untuk menempelkan “molekul-molekul sampingan” kepada kurkumin yang akan mengikat molekul-molekul yang di kandung bahan peledak. Yaitu Abhisek Kumar, peneliti dari Universitas Massachussetts di lowel Amerika. Dia dan sejumlah koleganya meneliti ini. Untuk mendeteksi bahan peledak dengan teknik ini, para peneliti menggunakan senter atau alat penghasil cahaya lain yang murah untuk menerangi lapisan film tipis yang mengandung kurkumin.
Dia juga mengatakan dengan menggunakan satu miliar molekul udara dari sebuah ruangan ini, kita akan menemukan empat atau lima molekul yang di kandung pada TNT. Dengan cara itulah kita dapat mendeteksi suatu ledakan
Ketika mengumpulkan molekul bhan peledak di udara, para peneliti menggunakan “ spektroskopi berpijar”. Menyinari sejumlah zat kimia bisa mengakibatkan zat itu mengeluarkan kembali cahaya dengan warna yang berbeda. Cara ini sering di gunakan, contohnya dalam benda-benda atau hiasan yang bisa mengeluarkan cahaya di ruang gelap.
Akan tetapi bila ada molekul bahan peledak di udara ruangan, cahaya yang dikeluarkan kurkumin terlihat lebih redup. Hal ini memudahkan kita untuk mendeteksi suatu ledakan dan perubahannya sangat mudah untuk kita ukur. Sampai saat ini para peneliti masih terus meneliti zat apalagi yang ada dalam tumbuhan kunyit.
Dengan kata lain bahwa tumbuhan kunyit adalah tumbuhan yang sangat bermanfaat. Dan kita tidak perlu lagi membeli alat yang mahal untuk mendeteksi suatu ledakan. Dengan kunyit pun kita sudah dapat mendeteksi suatu ledakan, selain harganya murah kunyit juga mudah untuk kita dapatkan.
Selain sebagai bahan peledak kunyit juga dapat dapat di gunakan untuk mendeteksi boraks. Dewasa ini boraks banyak sekali di guanakan dalam pembuatan mie basah, lontong, ketupat, tahu, bakso, sosis dan sebagainya.Padahal boraks adalah salah satu zat kimia yang sangat berbahaya jika masuk ke dalam tubuh kita. Boraks merupakan Kristal lunak berupa natrium yang berwarna dan mudah larut dalam air. 
Salah satu bahan alami yang berpotensi dapat mendeteksi boraks adal;ah kunyit. Cara untuk mendeteksi boraks dengan kunyit sangat mudah kita lakukan. Kita hanya memerlukan kunyit, kertas saringan, serta sedikit boraks untuk control positif.
Dengan kata lain bahwa tumbuhan kunyit adalah tumbuhan yang sangat bermanfaat. Dan kita tidak perlu lagi membeli alat yang mahal untuk mendeteksi suatu ledakan. Dengan kunyit pun kita sudah dapat mendeteksi suatu ledakan, selain harganya murah kunyit juga mudah untuk kita dapatkan.

sumber :
  1.  http://www.lintas.me/article/menujuhijau.blogspot.com/ternyata-kunyit-berguna-untuk-  deteksi-bom_1/1
  2.  http://www.republika.co.id/berita/senggang/unik/11/03/25/lim4ly-hah-kunyit-bisa-untuk-deteksi-bom
  3.  http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/09/24/199835/Mendeteksi-Bom-dengan-Kunyit-
  4. http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=8613521
  5.  http://sibermedik.com/anda-takut-keracunan-boraks-kunyit-jalan-keluarnya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar