Definisi Tentang Ban
Ban adalah peranti yang menutupi velg suatu roda. Ban adalah
bagian penting darikendaraan darat, dan digunakan untuk mengurangi getaran yang
disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan, melindungi roda dari aus dan
kerusakan, serta memberikan kestabilan antarakendaraan dan tanah untuk
meningkatkan percepatan dan mempermudah pergerakan
Sejarah Ban
Pada tahun 1839, Charles Goodyear berhasil menemukan teknik
vulkanisasi karet.Vulkanisasi sendiri berasal dari kata Vulkan yang merupakan
dewa api dalam agama orang romawi. Pada mulanya Goodyear tidak menamakan
penemuannya itu dengan nama vulkanisasimelainkan karet tahan api. Untuk
menghargai jasanya, nama Goodyear diabadikan sebagainama perusahaan karet terkenal
di Amerika Serikat yaitu Goodyear Tire and Rubber company yang didirikan
oleh Frank Seiberling pada tahun 1898.
Kemudian Pada tahun 1845 Thomson dan Dunlop menciptakan ban
atau pada waktu itu disebut ban hidup alias ban berongga udara. Sehingga
Thomson dan Dunlop disebut Bapak Ban. Dengan perkembangan teknologi
Charles Kingston Welch menemukan ban dalam, sementaraWilliam Erskine Bartlett
menemukan ban luar.
Ban dalam dan Ban luar
Ban Dalam
Fungsi Ban
Dalam
Menampung dan menahan tekanan udara, guna membentuk serta mempertahankan profil ban luar tetap sempurna.
Menampung dan menahan tekanan udara, guna membentuk serta mempertahankan profil ban luar tetap sempurna.
Komponen Ban
Dalam
Valve/pentil, bagian yang berfungsi untuk memasukkan dan mengeluarkan udara serta menjaga tekanan udara.
Body (karet), yang berbentuk melingkar.
Valve/pentil, bagian yang berfungsi untuk memasukkan dan mengeluarkan udara serta menjaga tekanan udara.
Body (karet), yang berbentuk melingkar.
Ban Luar
Berikut adalah bagian-bagian utama ban dan fungsinya
:
- CARCASS
Carcass ada didalam ban.Fungsinya menahan berat,goncangan,tumbukan dan tekanan angin.Carcass dibuat dari lembaran-lembaran ply cord. - Tread
Tread merupakan kulit luar dari ban,melindungi Carcass dari keausan dan kerusakan lain.Bagian tread yang berhubungan langsung dengan permukaan jalan disebut “Crown”.
Bagian samping dari ban disebut “Side Wall” dan daerah pertemuannya dengan tread disebut “Shoulder”. - Breaker
Cord yang digunakan didalam Carcass dapat menjadi rusak karena tumbukan-tumbukan dijalan,seperti lubang-lubang,batu dan lain-lain.
Jadi yang dinamakan “Breaker” ditempatkan diantara Trad dan Carcass dengan maksud sebagai peredam goncangan/tumbukan. - Bead
Bead berfungsi untuk menahan kedua ujung daricord,menjamin pemasangan yang kuat dari ban ke rim(pelek).
Industri Ban dalam dan Ban Luar
Industri ban diprediksikan tumbuh 10-15 persen. Investasi
Hankook di Indonesia dapat memicu dan menguatkan industri ban nasional. Adapun
untuk tahun ini, diperkirakan kontribusi terbesar pasar ban adalah berkat
penjualan yang baik untuk ban original equipment (OE) dan ekspor.
Sementara untuk replacement diperkirakan tidak akan terlalu tumbuh secara signifikan, misalnya seperti pencapaian pasar replacement roda empat pada 2010 yang mencapai 10,5 juta unit. Hingga saat ini, kawasan Timur Tengah masih menjadi pasar yang paling potensial bagi ban Indonesia. Asosiasi Pengusaha Ban Indonesia memproyeksikan pertumbuhan penjualan ban nasional pada 2013 akan tumbuh 3%-4%. Pertumbuhan industri ban pada tahun depan diperkirakan masih tertekan akibat krisis global seperti yang terjadi di Eropa dan China.
Sementara untuk replacement diperkirakan tidak akan terlalu tumbuh secara signifikan, misalnya seperti pencapaian pasar replacement roda empat pada 2010 yang mencapai 10,5 juta unit. Hingga saat ini, kawasan Timur Tengah masih menjadi pasar yang paling potensial bagi ban Indonesia. Asosiasi Pengusaha Ban Indonesia memproyeksikan pertumbuhan penjualan ban nasional pada 2013 akan tumbuh 3%-4%. Pertumbuhan industri ban pada tahun depan diperkirakan masih tertekan akibat krisis global seperti yang terjadi di Eropa dan China.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar