Selasa, 25 Desember 2012

Industri Ban Luar dan Ban Dalam



Definisi Tentang Ban
Ban adalah peranti yang menutupi velg suatu roda. Ban adalah bagian penting darikendaraan darat, dan digunakan untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan, melindungi roda dari aus dan kerusakan, serta memberikan kestabilan antarakendaraan dan tanah untuk meningkatkan percepatan dan mempermudah pergerakan
susunan bagian ban.jpg
Sejarah Ban
Pada tahun 1839, Charles Goodyear berhasil menemukan teknik vulkanisasi karet.Vulkanisasi sendiri berasal dari kata Vulkan yang merupakan dewa api dalam agama orang romawi. Pada mulanya Goodyear tidak menamakan penemuannya itu dengan nama vulkanisasimelainkan karet tahan api. Untuk menghargai jasanya, nama Goodyear diabadikan sebagainama perusahaan karet terkenal di Amerika Serikat yaitu Goodyear Tire and Rubber company yang didirikan oleh Frank Seiberling pada tahun 1898.
Kemudian Pada tahun 1845 Thomson dan Dunlop menciptakan ban atau pada waktu itu disebut ban hidup alias ban berongga udara. Sehingga Thomson dan Dunlop disebut Bapak Ban. Dengan perkembangan teknologi Charles Kingston Welch menemukan ban dalam, sementaraWilliam Erskine Bartlett menemukan ban luar.
hgp-tube1.jpg



Ban dalam dan Ban luar
Ban Dalam
    Fungsi Ban Dalam
Menampung dan menahan tekanan udara, guna membentuk serta mempertahankan profil ban luar tetap sempurna.
    Komponen Ban Dalam
Valve/pentil, bagian yang berfungsi untuk memasukkan dan mengeluarkan udara serta menjaga tekanan udara.
Body (karet), yang berbentuk melingkar.
Ban Luar
Berikut adalah bagian-bagian utama ban dan fungsinya : 
  1. CARCASS
    Carcass ada didalam ban.Fungsinya menahan berat,goncangan,tumbukan dan tekanan angin.Carcass dibuat dari lembaran-lembaran ply cord.
  2.  Tread
    Tread merupakan kulit luar dari ban,melindungi Carcass dari keausan dan kerusakan lain.Bagian tread yang berhubungan langsung dengan permukaan jalan disebut “Crown”.
    Bagian samping dari ban disebut “Side Wall” dan daerah pertemuannya dengan tread disebut “Shoulder”.
  3. Breaker
    Cord yang digunakan didalam Carcass dapat menjadi rusak karena tumbukan-tumbukan dijalan,seperti lubang-lubang,batu dan lain-lain.
    Jadi yang dinamakan “Breaker” ditempatkan diantara Trad dan Carcass dengan maksud sebagai peredam goncangan/tumbukan.
  4. Bead
    Bead berfungsi untuk menahan kedua ujung daricord,menjamin pemasangan yang kuat dari ban ke rim(pelek).
Industri Ban dalam dan Ban Luar
Industri ban diprediksikan tumbuh 10-15 persen. Investasi Hankook di Indonesia dapat memicu dan menguatkan industri ban nasional. Adapun untuk tahun ini, diperkirakan kontribusi terbesar pasar ban adalah berkat penjualan yang baik untuk ban original equipment (OE) dan ekspor.
Sementara untuk replacement diperkirakan tidak akan terlalu tumbuh secara signifikan, misalnya seperti pencapaian pasar replacement roda empat pada 2010 yang mencapai 10,5 juta unit. Hingga saat ini, kawasan Timur Tengah masih menjadi pasar yang paling potensial bagi ban Indonesia. Asosiasi Pengusaha Ban Indonesia memproyeksikan pertumbuhan penjualan ban nasional pada 2013 akan tumbuh 3%-4%. Pertumbuhan industri ban pada tahun depan diperkirakan masih tertekan akibat krisis global seperti yang terjadi di Eropa dan China.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar